Monday, March 19, 2018

Marketplace, Strategi Peningkatan Omset UMKM dengan Penjualan Online

Setiap bulan Dian Art selalu mengikuti aneka bazar dan pameran di seluruh nusantara. Banyaknya pelanggan yang ingin berkomunikasi secara terus-menerus terutama tentang update produk bisa dilakukan melalui Facebook dan Instagram. Kedua sosial media ini sangat membantu para pelanggan untuk mendapatkan produk-produk terbaru serta beberapa kegiatan lainnya. Pertanyaan-pertanyaan melalui chat maupun komentar memang tidak direspon dengan cepat, karena selain sibuk dengan pemasaran juga berkutat dengan produksi dan pesanan. Beberapa produk yang sudah laku tetap diposting karena disimpan sebagai arsip. Hal itu untuk berjaga-jaga apabila file asli hilang tanpa sengaja. Foto-foto di sosial media juga bersifat porto folio, kami tidak hanya memuat produk saja, akan tetapi juga kegiatan pameran, workshop, kehidupan sehari-hari Ibu Dyan Ekawati, dan lain-lain. Mulai bulan Maret ini, Dian Art mulai merambah pada salah satu marketplace untuk menjangkau pelanggan lainnya.

Leaflet Dian Art di event Telkom Craft Indonesia tahun 2018


Selama ini para pelanggan yang serius melanjutkan transaksi mereka melalui chat WA. Keunggulan bertransaksi di WA antara lain, terbuka peluang diskon yang menggiurkan untuk para reseller. Percakapan lebih bebas dan nyaman karena sifatnya lebih privat. Peluang closing juga jauh lebih besar karena respon lebih cepat dan harga yang cocok. Apabila produk yang diminati sudah habis, maka akan ditawarkan produk lain yang serupa tapi tak sama. 

Sebagian netizen yang awalnya hanya iseng-iseng bertanya kemudian memesan, biasanya akan berlanjut menjadi reseller. Para reseller Dian Art rata-rata juga pebisnis yang bergerak di bidang fashion dan craft, sehingga mereka sudah mempunyai brand yang baik di mata publik. Produk yang sudah kami upload sebagian besar memang tidak diberi watermark, hal tersebut bertujuan untuk memudahkan reseller memasarkan barang tersebut dengan brand masing-masing. 

Gambar halaman toko Dian Art di www.blanja.com
Sejak terpilih sebagai peserta di ajang Telkom Craft Indonesia 2 tanggal 22-25 Maret 2018, Dian Art harus melebarkan sayap ke salah satu marketplace yaitu www.blanja.com dengan mengupload beberapa produk unggulan. Transaksi menggunakan e-commerce blanja bisa dilakukan saat pameran berlangsung maupun pasca pameran. Jangan khawatir apabila barang yang anda cari tidak ada disini, karena admin sudah membuat daftar harga yang sesuai dan paling sering digunakan. Silakan memesan barang yang harganya sama, maka transaksi tetap bisa dijalankan. Hal tersebut juga berlaku setelah pameran selesai namun anda masih ingin menggunakan transaksi melalui blanja. Silakan chat admin terlebih dahulu untuk ketersediaan produk, jika produk yang diminati kosong, kami akan menawarkan produk lain dengan harga yang sama. Chat tersebut bisa dilakukan melalui WA, sedangkan e-commerce hanya sebagai pihak ketiga pembayaran saja.


Mari kita bersama-sama menghidupkan ekonomi kreatif nusantara dengan membeli produk-produk lokal.
Selamat berbelanja!!
Cintai produk-produk dalam negeri!!

Berikut kami cantumkan link untuk masuk ke toko kami :
Link Toko Blanja


No comments:

Post a Comment