Tuesday, November 22, 2022

Manfaat Mengikuti Pameran untuk Peningkatan Promosi bagi UMKM

Salah satu booth pameran yang diikuti Dian Art bersama teman-teman IWAPI. 
Sumber : Dokumentasi Dian Art

Pameran merupakan tempat yang tepat untuk memamerkan suatu karya. Oleh sebab itu, fungsi promosi bagi para UMKM merupakan sesuatu yang penting karena ada banyak hal yang bisa didapatkan. Dian Art sudah bergabung di berbagai pameran lokal sampai internasional sejak tahun 2009, jadi kami ingin berbagi kira-kira apa saja sih yang bisa dipelajari saat mengikuti kegiatan tersebut. Sebagai acuan, ikut serta berarti hendak mengenalkan karya kita ke khalayak, apapun bisa terjadi. Kadang setelah ikut bisa banjir order, tapi juga tidak. Berikut kita bahas satu-persatu mengenai manfaat pameran sejauh ini (sebelum pandemi berjalan). 

Pengertian Pameran :
Menurut B. Myers adalah aktivitas yang menggunakan suatu ruangan untuk memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, cetakan, ukiran, foto, ataupun karya seniman lainnya.


Unsur Pameran : 

1. Karya 
(Harus ada karya yang dipamerkan, jika produk tidak bisa dibawa maka silakan kenalkan melalui media lainnya seperti laptop, proyektor, brosur, dll)
2. Tempat
(Lokasi jelas alamatnya & tempat strategis artinya mudah dikenal dan dikunjungi orang, akses transportasi tidak susah. Saat ini cukup mudah mencari dengan menggunakan Gmaps)
3. Penyelenggara
(Pihak penyelenggara adalah penanggung jawab terlaksananya acara, sehingga mereka harus terlibat dan komunikatif demi kelancaran. Jika ada sesuatu yang kurang jelas, sebagai peserta harus pro aktif)
4. Pengunjung 
(Segmen pengunjung harus jelas agar acara tidak salah sasaran. Silakan mengenali untuk siapakah karya anda dipamerkan, jika tidak tepat sasaran maka sebaiknya dipikirkan kembali)
5. Peralatan 
(Alat yang biasa dipakai antara lain : meja, kursi, alat display, dll semua harus siap sebelum terlaksananya acara)

Jenis Pameran : 
1. Pameran tetap
2. Pameran temporer
3. Pameran keliling
Khusus UMKM mari kita gabung pada pameran yang bersifat temporer ya!! 

Pameran dengan tujuan komersil : 
1. Tujuan dari pameran yang bersifat komersil adalah mendapat keuntungan dan fungsi promosi.
2. Karya-karya disini ditujukan agar laku terjual dan memberikan keuntungan bagi pemilik karya maupun pihak penyelenggara.
Oleh sebab itu, pameran jenis tersebut sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM karena potensi untuk mendapatkan buyer yang tepat cukup besar. Jika kurang berhasil, setidaknya ada pengenalan terhadap pengunjung mengenai apa yang kita pasarkan. Jangan menyerah karena ikut satu, dua acara lalu berhenti. Ambil sisi positifnya. 

Fungsi Sosial Pameran : 
Ada beberapa alasan untuk seseorang mengunjungi atau mengikuti acara pameran, setidaknya alasannya bisa disebutkan di bawah ini : 
1. Sebagai sarana edukasi (pendidikan) 
Tidak jarang saat ada pameran lalu kedatangan siswa atau mahasiswa ke booth untuk belajar dan mengerjakan tugas mereka. Saran kami, bantulah mereka dan anggap membantu anak sendiri, pertanyaan yang ditujukan biasanya seputar kewirausahaan). Ada juga pameran yang mengenalkan karya siswa atau mahasiswa sebagai peserta karena mereka lolos seleksi. 
2. Sebagai sarana apresiasi (penyampaian ide)
Ketika kita menciptakan sebuah karya, biasanya ingin ditampilkan. Alangkah senangnya jika karya tersebut dikagumi orang dan berdatangan untuk menjadikannya koleksi. Disini ide kita telah tersampaikan dan dihargai oleh orang yang tepat. Bisa juga seseorang datang ke pameran agar memiliki ide baru atau inspirasi untuk menyelesaikan pekerjaannya. 
3. Sebagai sarana prestasi (kompetisi) 
Tidak jarang agar acara semakin ramai maka penyelenggara (EO) mengadakan kompetisi agar acaranya semakin meriah. Kadang tanpa disadari, peserta pun bisa sharing dan membandingkan karyanya dengan yang lain sebagai acuan untuk lebih baik lagi. Bagaimanapun sudah fitrah manusia untuk berkompetisi dan ingin jadi yang terbaik. 
4. Sebagai sarana rekreasi (menenangkan pikiran)


Persiapan mengikuti Pameran : 
1. Memiliki karya atau produk yang jelas.
2. Mengetahui lokasi penyelenggaraan.
3. Info dari penyelenggara jelas mengenai booth.

Persiapan mengikuti Pameran :
1. Mengetahui jenis profil pengunjung yang datang (pelajar, pebisnis, kolektor, dll).
2. Memiliki peralatan untuk display booth.
3. Memiliki penunjang promosi seperti kartu nama, SPG, dan membawa buku tamu.

Strategi mendatangkan pengunjung : 
1. Menghubungi atau mengundang relasi.
2. Mengadakan demo mengenai produk.
3. Menyebarkan info melalui sosial media.
4. Membuat display booth menarik untuk dikunjungi.
5. Mampu menjelaskan tentang profil dan produk jika ada pengunjung agar menginfokan pada yang lain.
6. Memberikan lip service yang baik agar pengunjung tersebut tertarik dan berkelanjutan untuk bekerjasama.
7. Mengundang komunitas untuk ikut meramaikan acara.

Evaluasi pasca pameran : 
1. Mengecek jumlah dan kondisi karya antara sebelum dipamerkan dan sesudahnya.
2. Mengecek alat display.
3. Mengecek omset dan pesanan yang masuk.
4. Mengecek daftar tamu yang datang.
5. Mengevaluasi jenis pengunjung yang datang sudah sesuai target atau tidak.
6. Mengevaluasi apakah lain kali mengikuti acara tersebut lagi atau tidak.
7. Mengevaluasi kinerja tim di lapangan.


No comments:

Post a Comment