Saturday, March 31, 2012

Tips Merawat Koleksi Aksesoris Etnik Agar Tetap Awet

Saat ini perkembangan fashion di bidang aksesoris semakin pesat karena semakin diminati masyarakat. Aksesoris sebagai pelengkap penampilan selalu mengalami perubahan karena mengikuti perkembangan zaman (mode). Pemakaian dari aksesoris pun tergantung dengan suasana dan busana yang akan dikenakan. Oleh sebab itu, wanita biasanya memiliki berbagai macam aksesoris untuk memadukan penampilannya agar selalu tampak trendi dan menarik. Aksesoris ini akhirnya menjadi barang koleksi pribadi. Koleksi aksesoris yang tidak terpakai biasanya disimpan agar tetap awet, akan tetapi ada cara-cara perawatan yang harus diperhatikan oleh pemakai karena penyimpanannya pun tidak boleh sembarangan.


Aksesoris yang salah dalam penyimpanan dan perawatan akan cepat rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Jika sudah demikian maka menjadi sangat disayangkan. Koleksi yang tadinya masih bagus kemudian menjadi berubah warna atau berkarat. Aksesoris etnik biasanya memiliki bahan utama logam dari perak dan tembaga. Kedua jenis logam ini sangat mudah mengalami pemudaran warna. Oleh sebab itu, harus berhati-hati jika kita tidak ingin kehilangan barang koleksi hanya karena tidak tahu cara merawatnya. Berikut adalah tip dan trik menyimpan dan merawat aksesoris anda. Penasaran? Silakan disimak!

1. Usahakan tiap aksesoris memiliki tempat tersendiri. Jika tidak memiliki kotak yang berpetak-petak, bisa menggunakan plastik kedap udara (zip lock bag/plastik obat). Aksesoris yang ditaruh diluar gampang rusak warnaya oleh debu-debu atau suhu udara tertentu.

2. Gunakan silica gel khusus logam untuk mencegah pemudaran warna, lakukan dengan jangka waktu tertentu.

3. Hindari kontak langsung dengan air, keringat yang berlebihan, handbody, parfum atau bahan kimia lainnya. Hal ini akan membuat aksesoris anda menjadi mudah berkarat dan berubah warna. Logam sangat sensitif dengan bahan-bahan kimia dan air.

4. Hindari penyimpanan yang mengenai sinar matahari langsung dan suhu ruang lembab. Sinar matahari langsung dan suhu ruang yang lembab akan mempercepat proses pengkaratan.

5. Simpan aksesoris yang baru dibeli dengan wadahnya untuk tempat penyimpanan selanjutnya, hindari jangan sampai basah karena air.


Sayang dengan koleksi aksesoris anda? Tidak ada salahnya mencoba tips dan trik di atas.
Bagaimana?
Tidak sulit, kan?
Selamat mencoba…..

No comments:

Post a Comment