Friday, March 22, 2019

Workshop Perca Batik 3D, Gaya Baru Pemanfaatan Perca Batik



Kegiatan workshop Pra Purna Bakti PT Angkasa Pura.
Sumber : Dokumentasi Dian Art
Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 01 Agustus 2018, Showroom Dian Art yang berlokasi di Perum Bumi Suko Indah Blok BB No 4 Sidoarjo kedatangan tamu-tamu ramah dengan semangat belajar yang tinggi. Mereka sedang mengikuti workshop Pra Purna Bakti dari PT Angkasapura. Peserta yang datang dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok berjumlah 9-10 orang, semuanya dibagi untuk mengunjungi rumah produksi UMKM. 

Para tamu hadir sekitar pukul 10.00 WIB, sebelum memulai kegiatan workshop mereka melihat-lihat kreasi Dian Art terlebih dahulu. Seperti biasa, para ibu tentu merasa senang karena bisa cuci mata. Mereka berbelanja beberapa produk baik untuk diri sendiri maupun oleh-oleh. Tujuan mereka datang adalah mengetahui bagaimana proses produksi UMKM berlangsung sambil praktik. 


Setelah memperkenalkan profil dan kegiatan produksi, acara workshop pun berlangsung. Para peserta belajar membuat kalung perca batik 3D. Materi ini diberikan sebagai wujud untuk melindungi lingkungan dengan metode zero waste. Masing-masing peserta mendapatkan alat dan bahan yang sudah disiapkan. Mereka duduk berkelompok dan menyimak tutorial yang diberikan. Terkadang satu dengan yang lain saling membantu. 

Kegiatan ini cukup lancar, karena peserta dan materi tidak terlalu banyak sehingga cukup waktu untuk menyelesaikan pembuatan kalung. Proses yang cukup rumit bagi para peserta adalah menggunakan lem untuk merekatkan bahan. Jika tidak terbiasa dan kurang hati-hati yang terjadi adalah belepotan sehingga  produk tampak kurang rapi. Harapan dari kegiatan ini adalah para peserta yang memiliki minat di bidang handycraft bisa memiliki ide peluang bisnis. Materi pembuatan kalung batik juga bisa dijadikan sebagai kegiatan di waktu senggang. 

Berikut adalah beberapa dokumentasi yang bisa kami sampaikan saat kegiatan berlangsung : 


Pembuatan pola untuk model kalung.
Sumber : Dokumentasi Dian Art


Peserta bertanya mengenai teknik pembuatan pola.
Sumber : Dokumentasi Dian Art


Peserta membuat bunga untuk kalung.
Sumber : Dokumentasi Dian Art

Untuk teman-teman yang ingin mengikuti workshop handicraft baik individu maupun kelompok bisa membuat jadwal sebelumnya. Lokasi tidak harus di tempat kami ya, bisa menyesuaikan. Silakan kontak kami disini, segera ditunggu infonya ya. 
Terima kasih sudah menyimak cerita kami.  

No comments:

Post a Comment