Sunday, July 1, 2018

Keuntungan Bergabung Sentra UMKM Bagi Pelaku Industri Kreatif di Surabaya

Promosi adalah hal yang sangat penting untuk menjalankan sebuah bisnis. Seorang produsen yang mampu membuat ribuan produk namun tak pandai memasarkan atau tidak memiliki sarana promosi yang tepat akan gulung tikar dengan cepat. Ada banyak media promosi yang berkembang dan saat ini bisa dibagi menjadi dua kategori, yaitu offline dan online. Tulisan ini tidak hendak membahas mana yang lebih baik diantara keduanya, karena kami yakin bahwa jika keduanya berjalan dengan tepat maka hasil yang didapatkan juga optimal. 

Kalung dan bros adalah produk Dian Art
 yang tersedia di Sentra UMKM Surabaya.
Sumber : Dokumentasi Dian Art

Kebutuhan promosi bagi para UMKM cukup tinggi, karena mereka membutuhkan perputaran dana yang cepat untuk menjalankan usahanya. Bagaimanapun juga transaksi penjualan tidak bisa terjadi tanpa adanya media promosi yang tepat. Jika saat ini sarana promosi online sudah banyak berkembang dan dipraktekkan oleh rekan-rekan sekalian, maka ada sarana promosi lain yang bisa digunakan terutama untuk warga Kota Surabaya. 



Perhatian ibu walikota Tri Rismaharini terhadap warganya sangat tinggi di berbagai bidang, tidak hanya pandai menata kota tapi juga memenangkan hati masyarakat karena banyaknya keberhasilan. Pemerintah Kota Surabaya sangat mendukung perkembangan UMKM dan memberikan banyak fasilitas. Beberapa fasilitas yang didapatkan antara lain ada disini (liputan dari Sindonews tanggal 17 Januari tahun 2018). 

Pada bidang promosi, para mereka yang berwirausaha juga dibantu dengan fasilitas pameran, gelar produk, brosur, bazar, juga pengadaan sentra UMKM. Ada beberapa wilayah yang dijadikan Pemkot Surabaya sebagai lokasi yang tepat untuk membuka Sentra UMKM antara lain Sentra UKM Merr, Sentra UKM Siola, Sentra UKM ITC Mall, Sentra UKM Delta mall, Sentra UKM Bandara Juanda, Sentra UKM Surabaya North Quay atau Pelindo, dan Sentra UKM Park And Ride. Berita mengenai perkembangannya dapat dilihat disini

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan bergabung dengan Sentra UMKM ini, antara lain :


  1. Tidak memerlukan biaya sewa tempat. Jika rutin untuk memasarkan produk pada semua sentra UMKM maka tanpa perlu memiliki toko sendiri, produk sudah tersebar pada berbagai lokasi di Surabaya.  
  2. Tidak memerlukan biaya untuk SPG dan kasir. Apabila kita fokus pada bagian produksi, maka dibutuhkan tenaga promosi yang profesional untuk membantu pemasaran produk. Ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk menghargai kerja mereka. Jika bergabung dengan sentra UMKM, pengeluaran ini bisa ditekan. 
  3. Lokasi mudah dijangkau dengan transportasi umum. Seluruh sentra UMKM yang dibuka merupakan lokasi yang mudah dijangkau, ditemui, dan banyak dikunjungi orang karena kemudahan akses transportasi. 
  4. Display cantik seperti toko oleh-oleh dan cinderamata profesional. Ada banyak barang yang dipasarkan disini, sehingga pengunjung yang datang akan tertarik untuk membeli sesuatu. Jika ingin produk laris manis maka packaging yang dibuat harus secantik mungkin. Ingat ya, produk yang dijual sejenis cukup banyak disini. Sehingga persaingan juga cukup ketat. 
  5. Bisa menghasilkan teman, wawasan, dan ide baru. Jika produk rutin dikontrol penjualannya dengan mengunjungi sentra UMKM, maka kita bisa bertemu teman sesama UMKM, saling bertukar cerita, dan mendapatkan ide baru baik untuk kreasi produk maupun packaging. 

Dian Art sendiri juga turut berpartisipasi memasarkan produknya dengan mengikuti fasilitas sentra UMKM yang terdapat di Sentra UMKM Siola, Sentra UMKM Park and Ride, dan Sentra UMKM Merr. Bagi rekan-rekan yang kebetulan berada di lokasi-lokasi tersebut bisa segera berbelanja produk kami tanpa harus ke showroom atau menunggu barang dikirim pak kurir. Ayo selalu cintai produk-produk dalam negeri.... 



No comments:

Post a Comment