Thursday, December 4, 2014

Pengolahan Manik (Glass Beads) Kalimantan Tengah

Selain kaya dengan batu-batuan, Pulau Kalimantan juga terkenal dengan manik-maniknya. Model manik Kalimantan terdiri dari beraneka ragam yang sangat khas dan etnik. Penggunaan manik-manik di Kalimantan Tengah sebenarnya merupakan warisan budaya dari leluhur. Bahan utama manik-manik yang paling sering digunakan berasal dari daur ulang kaca. Hal yang paling menarik dari manik-manik Kalimantan Tengah adalah setiap warna maupun motif sama-sama memiliki makna. Tidak semua orang berhak menggunakan manik-manik sesuka hatinya, karena menggunakan kreasi manik-manik dengan motif dan warna tertentu sama dengan menunjukkan identitasnya terhadap masyarakat.


Sebagian besar manik-manik yang diimpor berasal dari pedagang China , India,  Arab, dan Eropa. Di kota-kota pesisir Pulau Kalimantan manik-manik diperdagangkan dengan hasil hutan dari suku Dayak, tapi tidak semua manik-manik merupakan manik impor. Di kota kecil Tanjung Selor, di pantai timur, Tillema menemukan sebuah lokakarya untuk manik-manik pada tahun 1928. Manik-manik kaca Eropa diahancurkan dan dilebur oleh pengrajin lokal. Kaca-kaca tersebut dilelehkan dan dituangkan di atas papan dengan banyak lubang kecil. Ukuran manik-manik tersebut lebih besar dari manik-manik Bohemia, sehingga manik-manik yang berukuran tebal bisa dibuat. Ketika kaca masih cair, orang-orang membuat sebuah lubang kecil di bola dengan vena dari daun kelapa, untuk ditusukkan ke manik-manik.

Pada saat itu Whittier menyatakan ada berbagai cara untuk mendapatkan manik-manik. Metode pertama adalah impor dari Chzechoslovakia, nama baru dari bekas wilayah Bohemian. Manik-manik ini diimpor melalui Sarawak, bagian Malaysia dari Kalimantan. Metode kedua adalah perdagangan benda-benda etnografi untuk manik-manik dari pedagang Kayan. Barang-barang ini kemudian dijual di pasar wisata melalui pedagang. Metode tersebut dilakukan untuk mendapatkan manik-manik di pedesaan yang biasanya dibuat oleh para perempuan. Metode terakhir adalah membongkar potongan tua dari manik-manik.

Bahan manik-manik yang nantinya digunakan untuk
 topi, pakaian, dan lain-lain (dokumentasi pribadi Dian Art)

Warna dan motif manik-manik

Sebagaimana disebutkan di atas, masing-masing kelompok Dayak memiliki preferensi sendiri untuk warna. Pada akhir abad ke-19, manik-manik untuk wanita
digunakan untuk membuat topi yang diberi nama lawang Apang, dibuat oleh Bahau di daerah Mahakam, menunjukkan keragaman besar warna : hitam, kuning, hijau, biru, merah , dan oranye . Motif pada manik-manik ini adalah kepala panther yang sangat bergaya. Mata,  hidung, maupun mulut panther berwarna hitam dan merah . Nieuwenhuis percaya motif panther benar-benar menjadi tokoh mitos atau referensi, kedua asumsi tersebut menunjukkan bahwa Bahau, sama seperti Kenyah, memilih motif dari dunia hewan.


Maloh memiliki preferensi untuk kuning, biru, hitam, dan oranye. Jaket wanita mereka, sape manik dan rok, kain elok, yang
kaya dihiasi dengan manik-manik. Pada jaket ini sosok manusia jongkok, kaletau, berwarna kuning atau biru . Mereka menetapkan dengan latar belakang naga dan kait angka dalam warna hitam dan oranye. Menurut antropolog tekstil Brigitte Khan, Maloh mengambil alih teknik manik-manik dan motif yang berasal dari Kenyah dan Kayan.
Manik-manik Kenyah mengungkapkan preferensi tiga warna: hitam untuk latar belakang, kuning, dan putih sebagai warna dominan motif manusia maupun hewan. Kuning pucat dianggap lebih indah dari kuning gelap (tapi kadang-kadang itu hanya masalah warna yang tersedia). Merah, hijau, atau biru digunakan untuk aksen tunggal, sehingga terlalu banyak biru dianggap tidak menarik .
Tentu saja preferensi
yang disebutkan hanya pedoman . Nieuwenhuis mencatat bahwa wanita terkadang tidak punya cukup manik-manik warna tertentu , jadi harus menggunakan campuran dengan warna lain, yang mungkin menjelaskan asimetri warna dalam hasil pekerjaannya.

 Kecurangan ini jelas dalam beberapa potong koleksi Spruitenburg di Museum Nusantara
. Pada dua dekorasi gendongan bayi dan dalam topi matahari hitam (atau mustard kuning) bagian belakang telah dicampur warnanya. Hijau tua atau biru gelap kadang-kadang digunakan untuk latar belakang. Warna yang berbeda digunakan untuk mulut gambar manusia pada topi matahari itu sendiri dan motif di tepi. Warna yang berbeda juga digunakan untuk hiasan gendongan bayi. Motif naga hitam (asu) digunakan sebagai latar belakang dengan warna kuning mustard, disini terdapat preferensi mengenai latar belakang hitam yang dipadukan dengan motif kuning atau putih. Pada bagian lain,  gendongan bayi dengan latar belakang motif hewan adalah warna yang tepat, tapi juga ada motif dengan sosok manusia yang berwarna cahaya abu-abu bukan putih. Penjelasan yang tidak bisa dibuktikan dari perbedaan warna pada koleksi Spruitenburg adalah asumsi bahwa potongan-potongan ini mungkin telah dibuat untuk pesanan.

Motif manik-manik sebagai tanda dan simbol diferensiasi so
sial

Kaum elite desa memiliki sarana untuk saling bertukar barang dan mendapatkan manik-manik. Itulah sebabnya manik-manik telah menjadi bagian dari pusaka keluarga bangsawan untuk waktu yang lama, dan memberikan elite statusnya. Pada abad ke-19 hubungan antara motif manik-manik dan status sosial tidak cukup jelas. Whittier menyatakan bahwa para bangsawan dan keluarga mereka memiliki hak untuk motif tertentu. Kelompok Paran sebagai aristokrat merupakan satu-satunya yang menggunakan motif dengan sosok manusia yang lengkap, juga termasuk rangkong dan harimau yang dikombinasikan dengan motif naga. Kelompok-kelompok lain tidak berhak terhadap motif dan tidak menghiasi gendongan bayi mereka. Jadi motif adalah manifestasi dari status sosial dan diferensiasi di antara suku Lepo Tau. Para misionaris tidak menyangkal bahwa simbol menunjukkan status merupakan salah satu aturan dari agama Kristen.  Orang-orang seharusnya menjalani kehidupan egaliter dan menaiki tangga sosial melalui usaha mereka sendiri dan bukan melalui posisi turun-temurun, kekuasaan, maupun status. Pembedaan kelas terlalu ketat juga ditolak oleh pemerintah Indonesia, yang juga 'memveto' kelas budak.

Saat
terjadi pernikahan, berbagai kelompok sosial baru telah membuat diferensiasi kelas lebih menyebar dan kurang diperhatikan. Ketika perbedaan antara kelas menghilang, motif pun kehilangan fungsi mereka sebagai simbol diferensiasi kelas. Para bangsawan, Paran, tidak lantas menyerahkan hak istimewa mereka. Bagi mereka simbolisme motif tidak kalah pentingnya. Ketika motif berhenti menjadi indikator status, ini menjadi sinyal yang menunjukkan bahwa ketika motif digunakan oleh kelompok yang sama maka telah terjadi sinyal penguatan terhadap fungsi sosial motif.
Cara lain
untuk mengetahui status sosial melalui manik-manik yaitu dari jumlah yang digunakan. Khan menafsirkan jumlah dan ukuran manik-manik pada jaket dan rok Maloh sebagai tanda kekayaan. Hal ini membuat pakaian manik-manik menjadi hak istimewa kelas atas yang memberikan kekuasaan pemiliknya dan panjang umur . Semakin rendah kelas yang dimiliki maka hak untuk menggunakan manik-manik juga tidak dimiliki. Jadi manik-manik adalah cara yang digunakan untuk membedakan antara kelas.



Sumber :

Ethnic Jewellery From Africa, Asia, and Pacific Islands

No comments:

Post a Comment